Wednesday, February 8, 2017

Lagi! Google Hentikan Salah Satu Layanannya, Kenapa Ya?

Bestprofit : Terjadi lagi, salah satu produk Google yang cukup populer kembali dihentikan. Kali ini giliran Google Now Launcher, apa sih alasannya?
Sebenarnya Google memiliki dua peluncur di Play Store, yakni Google Now Launcher dan yang baru ialah Pixel Launcher yang khusus tersedia untuk smartphone Pixel besutan Google.
Dilansir dari Android Police, penghapusan Google Now Launcher ini karena Google hanya ingin ada satu launcher saja di toko aplikasinya. Kapan tepatnya penghapusan tersebut?

Produk Gagal Google yang Dihentikan

google now launcher
Berita ini muncul setelah adanya kiriman email yang menyebutkan jika pada Q1 2017, Google akan resmi menghapus Google Now Launcher dari Google Play Store.
Selain itu, Google menyarankan bagi para pabrikan ponsel Android yang mengandalkan Google Now Launcher sebagai peluncur utamanya seperti Motorola untuk menggunakan launcher alternatif lainnya seperti Launcher3.

Launcher3 sendiri merupakan bagian dari Android Open Source Project (AOSP) yang nantinya dipasangkan dengan library dari Search Launcher Services yang sebenarnya membuat tampilannya mirip Google Now Launcher seperti di bagian Google Now Feed.
Jika sesuai rencana, maka tanggal pastinya Google Now Launcher akan dihapus kemungkinan di awal Maret mendatang.

Bukan hal yang mengejutkan sih, sebelumnya Google juga mematikan merek Nexus setelah peluncuran resmi dari Google Pixel beberapa bulan lalu.
Lebih lanjut, produk Google yang dihentikan lainnya seperti Google Compare, Google Hangouts on Air, Google Picasa, Project Ara, dan My Tracks.

Bestprofit

No comments:

Post a Comment