Tuesday, November 22, 2016

Deddy Mizwar Bicara Soal Perkembangan Perfilman Indonesia


Saat ini industri perfilman tengah mengalami perkembangan pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Deddy Mizwar yang merupakan salah satu aktor lawas dan lama bergelut di dunia ini pun mengungkapkan pendapatnya tentang perkembangan yang terjadi di Tanah Air.

"(Banyak aktor muda dan produksi film bukti perkembangan industri) Bioskop juga makin banyak kan. Kalau bioskopnya gak makin banyak kan agak susah juga berkembang. Bioskop menjadi suatu hal yang penting untuk distribusi film. Di samping juga sineas-sineas baru. Tema juga beragam, bahkan sekarang ada tema-tema yang sangat lokal. Kalo bioskopnya banyak memungkinkan untuk distribusi itu. Kalau bioskopnya terbatas ya gak dapet tempat kan, karena antre. Bahkan ada film yang mereka cuma dapet enam layar. Bioskopnya layarnya sedikit. Makannya tadi pertumbuhan jumlah film maupun kualitasnya tergantung dengan jumlah film itu sendiri. Dengan penonton yang sekarang bahkan mencapai juta," ujarnya saat ditemui di konferensi pers Indonesian Ethnographic Film Festival, Cikini, Jakarta Pusat. Jumat (11/11).

Namun sulit juga menutup mata kalau saat ini industri di Tanah Air lebih banyak memproduksi film yang jauh dari unsur etnik. Melihat hal ini, Deddy Mizwar sendiri kemudian mengutarakan pendapat serta beberapa aktor yang saat ini memberi banyak pengaruh besar terhadap perfilman Indonesia dari kaca matanya sendiri.


Menurut Deddy Mizwar, kuota bioskop saat ini harus bisa memenuhi jutaan pasang mata penonton yang ada di Indonesia © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Menurut Deddy Mizwar, kuota bioskop saat ini harus bisa memenuhi jutaan pasang mata penonton yang ada di Indonesia © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Yang etnik ini kalau bicara etnik, sulitnya begini, etnik ini jangan bicara statis juga. Sama seperti teknologi, etnis ini ada jamannya. Jadi akan lahir anak-anak peradaban di zamannya. Ini kan akan selalu lahir, di negara manapun, termasuk Indonesia, akan selalu lahir anak-anak baru. Tergantung peradaban jamannya. aktor baru banyak sekali, ada Reza (Rahadian), kemudian Abimana (Aryasatya). Banyak Indonesia tuh. Vino (G. Bastian). Banyak," lanjut mantan aktor film NAGABONAR tersebut.

Sedangkan ketika ditanya apakah ada kesempatan untuk Deddy Mizwar kembali muncul di layar lebar, ia pun menjawabnya dengan santai. Sambil mengingat statusnya yang saat ini lebih banyak berkecimpung di dunia politik, Deddy Mizwar menjelaskan kalau ia belum sama sekali menutup pintu untuk kesempatan bermain film lagi.


"saya masih main film. Main cuma gak bisa banyak waktu kan. ya karena kan dapet amanah dari rakyat untuk ngurusin pemerintahan. Tapi kalo ada waktu saya main (film), gak ada yang ngelarang," pungkasnya singkat.

PT Best Profit Futures Jambi

No comments:

Post a Comment